SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Makan Berlebihan Saat Buka dan Sahur di Bulan Puasa dengan Tips Sehat Ini

Rabu, 06 Juni 2018 15:05 by zia92 | 5825 hits
Cegah Makan Berlebihan Saat Buka dan Sahur di Bulan Puasa dengan Tips Sehat Ini
Image source: The Spruce

DREAMERS.ID - Menjalankan puasa memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun hal itu baru tercapai jika puasa dilakukan dengan benar dan sehat. Sebaliknya jika tidak hati-hati, makanan yang dikonsumsi selama berbuka dan waktu sahur justru bisa membuat berat badan bertambah.

Dr Razeen Mahroof, seorang ahli obat dari Oxford mengatakan bahwa pesta makan atau makan berlebihan di antara waktu berbuka dan sahur bisa tidak menyehatkan. Ia kemudian memberikan tips agar puasa yang dijalankan tidak sia-sia dan memaksimalkan manfaat yang bisa didapat dari berpuasa agar lebih sehat, dilansir National Health Service.

1. Makanan seimbang

Saat puasa, waktu makan setidaknya dilakukan dua kali sehari yaitu saat sahur dan buka. Dr Mahroof mengatakan bahwa asupan makanan seharusnya sederhana saja dan tidak berbeda dengan asupan makanan normal.

Setidaknya harus mengandung vitamin (sayur dan buah), karbohidrat (roti, sereal, kentang, nasi), protein (ikan, daging), kalsium (produk susu), dan makanan yang mengandung lemak dan gula.

Baca juga: Yuk Mengenal Diet Baru 'Puasa Daniel' yang Dijalani Chris Pratt

Mengkonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur dapat membantu mengeluarkan energi sedikit demi sedikit. Karbohidrat kompleks ini bisa ditemukan dalam gandum, oat, kacang-kacangan, dan beras basmati.

Makanan yang kaya akan serat juga dicerna dengan perlahan sehingga kenyang lebih lama. Jadi konsumsi banyak buah dan sayur saat sahur. Selain itu, hindari makanan yang mengandung tepung putih karena cepat membuat lapar.

2. Menu sahur dan buka

Sahur seharusnya diisi dengan makanan yang tidak terlalu berat dan dicerna perlahan, seperti roti pitta, salad, sereal, atau roti panggang. Minuman yang kaya akan vitamin juga penting seperti jus buah atau mengkonsumsi buah langsung.

Biasanya saat berbuka, umat muslim dianjurkan untuk memakan buah kurma karena bisa meningkatkan energi. Namun awali terlebih dahulu dengan minum air putih untuk mengatasi dehidrasi.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Meghan Markle kembali melanggar peraturan kerajaan Inggris karena melangsungkan pesta baby shower. Duchess of Sussex itu memilih menghindar dari Inggris dan menggelar pesta baby shower di kota New York, Amerika Serikat bersama teman temannya pada Senin (18/02/19) lalu....
  • HOT !
    Pada hari ini, Kamis (21/02/19), Rossa menghadiri acara kerjasama dengan SM Entertaiment di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat. Tak hanya sendirian, Rossa terlihat didampingi personel Super Junior Leeteuk dan Founder SM Entertaiment, Lee Soo Man....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu Minhyun NU’EST mengungkapkan bahwa dirinya mendapat undangan untuk menghadiri presentasi koleksi terbaru brand Moncler Genius dalam Milan Fashion Week. Dan 19 Februari kemarin, ia sudah bertolak ke Milan....
Feeling Better with Hijab

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)